Sinopsis Mata Kuliah

SOS 001117                Teori Sosiologi Klasik dan Modern – 3 sks

Memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang pemikir utama teori-teori sosiologi awal di Eropa yang kemudian melahirkan sejumlah paradigma dalam perkembangan teori sosiologi. Pemikir awal sejak dari Ibnu Khaldun, Comte, Durkheim,  Weber dan Marx. Membahas perkembangan teori dari Eropa ke benua Amerika yang kemudian banyak mewarnai perkembangan meta teori sosiologi mutakhir. Teori Struktural fungsional, konflik, Interaksionisme simbolik dll. Pemberian materi kuliah selain ceramah juga diselingi diskusi dan tugas penyusunan makalah (ringkasan/Review)


SOS 002117                Teori Sosiologi Posmodern dan Kritis – 3 sks

Membahas pelopor dan asumsi umum teori-teori posmo, kritik mazhab frankfurt, post kolonial dan cultural studies. Memberikana wawasan tentang bentuk penindasan dan dominasi pengetahuan, idiologi kapitalis dan terbentuknya pengetahuan dan kepentingan. Pemikiran kritis dari Marx tua dan muda sampai Habermas. Materi kuliah disajikan dengan ceramah, diskusi dan penugasan makalah.


SOS 003117                Metode Penelitian Kualitatif – 3 sks

Memberikan pengetahuan tentang jenis-jenis metode penelitian kualitatif, penyusunan proposal, pengumpulan data, pengolahan dan analisis serta interpretasi data kualitatif, model penulisan laporan penelitian kualitatif.


SOS 004117                Metode Penelitian Kuantitatif – 3 sks

Membahas materi tentang teknik-teknik perencanaan penelitian sosial kuantitatif, khususnya metode survey. Meliputi teknik perumusan masalah, penyusunan kerangka teori, pengukuran, teknik sampling, penyusunan instrument penelitian & pelaksanaan langsung latihan praktek penyusunan rancangan penelitian beserta instrumentnya. model penulisan laporan penelitian kuantitatif.


SOS 005217                Sosiologi Terapan – 2 sks

Membahas isu-isu sosial yang aktual, menemukan solusi dan merancang kegiatan untuk menyelesaikan baik dalam bentuk penelitian, pembelajaran (penyuluhan), workshop atau lokakarya, dan pemberdayaan atau dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa bekerja secara berkelompok dan mempresentasikan hasil kegiatannya dalam seminar khusus.


SOS 006217                Praktik Penelitian dan Penulisan Artikel – 3 sks

Melaksanakan praktik penelitian secara berkelompok yang dimulai dari penyusunan proposal, penyusunan instrument, pengumpulan data, analisis data dan penulisan laporan, serta menulis artikel dari penelitian tersebut. Setelah itu mahasiswa juga mempresentasikan hasil penelitian dalam seminar yang diselenggarakan khusus.


SOS 007217                Seminar Proposal – 1 sks

Dalam seminar ini mahasiswa menyampaikan rencana penelitiannya dan mempresentasikannya di hadapan tim penguji proposal penelitian. Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus pada seminar proposal dapat melanjutkan penelitian yang dibimbing oleh tim pembimbing tesis.


SOS 008217                Seminar Hasil Penelitian – 1 sks

Dalam seminar ini mahasiswa menyampaikan hasil penelitian dan mempresentasikannya dihadapan tim pembimbing dan penguji. Mahasiswa yang telah memenuhi kelayakan hasil penelitian dapat direkomendasikan untuk mengikuti ujian tesis.


SOS 009217                Tesis – 4 sks

Dalam ujian ini mahasiswa menyampaikan hasil penelitian dan mempresentasikannya dihadapan tim penguji tesis. Materi ujian tidak hanya materi penelitian tetapi juga teori-teori sosiologi dan kaitannya dengan topic tesis.


SOS 101117                Teori Sosiologi Pendidikan – 3 sks

Membahas pendekatan-pendekatan sosiologi untuk memahami fenomena pendidikan, kajian kritis tentang perkembangan dan kebijakan pendidikan, menjelaskan jenis-jenis idiologi pendidikan, mekanisme operasi idiologi pendidikan, diskusi tentang praktik budaya di arena pendidikan.


SOS 102117                Pendidikan Berbasis Masyarakat – 3 sks

Menjelaskan urgensi dan bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan, relasi sosial (kekuasaan) stakeholder pendidikan, strategi penguatan pendidikan partisipatif, dan isu-isu pendidikan dalam masyarakat


SOS 103117                Model Pembelajaran Sosiologi – 3 sks

Menjelaskan model dan strategi pembelajaran sosiologi yang berbasis pada hasil-hasil penelitian yang membumi.  Model lab berbasis pada masyarakat lokal, penerapan perspektif sosiologis.


SOS 201117                Perencanaan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat – 3 sks

Penekanan yang utama dalam  perkuliahan ini adalah menjelaskan teori-teori perencanaan sosial dan konsep pembangunan partisipatif bagi masyarakat. Perbandingan dengan komunitas yang telah pernah menerapkan pendekatan pembangunan partisipatif.


SOS 202117                Pemberdayaan Kelompok Marginal – 3 sks

MK ini membahas tentang modal-modal sosial kultural model-model pemberdayaan dan pengembangan masyarakat. Strategi-strategi baik secara konseptual maupun kontekstual dalam pembangunan masyarakat marjinal. Potensi-potensi lokal (SDA dan SDM) bisa dikelola secara baik dengan menerapkan prinsi-prinsip good society.


SOS 203117                Pengembangan Kapasitas – 3 sks

Membahas teori, strategi dan teknik-teknik capacity building. Menekankan usaha strategi menggerakkan masyarakat sesuai dengan modal sosial dan budaya yang dimiliki. Mata kuliah ini berorientasi membahas kasus-kasus dan kunjungan lapangan serta proposal pemberdayaan masyarakar lokal.

SOS 301117                Perspektif Sosiologi Lingkungan – 3 sks

Membahas relasi timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Perkembangan masyarakat yang dipengaruhi dengan lingkungan fisik dan strategi masyarakat untuk berkembang (adaptasi) sesuai dengan kondisi lingkungan, serta isu-isu perubahan iklim dan pemanasan global.


SOS 302117                Kebijakan Pengelolaan Lingkungan – 3 sks

Membahas tentang kebijakan-kebijakan dalam pengelolaan lingkungan, analisis dampak kebijakan lingkungan dan kebijakan yang berawawasan kearifan local dan pembangunan berkelanjutan.


SOS 303117                Isu-isu Global dan Kearifan lokal Lingkungan – 3 sks

Membahas  tentang isu-isu global yang berkaitan dengan lingkungan perubahan iklim (climt) change)dan pemanasan global (global worming) dan kearifan lokal sebagai disiplin kajian sosiologis, bentuk-bentuk kearifan lokal dalam pengelolaan sumberdaya alam, isu kapatalisme, globalisasi dan kearifan sebagai idiologi perlawanan,  perdekatan dalam kearifan lokal, kearifan bidang pemukiman/perumahan, pengelolaan air dan makanan serta pengobatan.


SOS 401117                Pengantar Sosiologi Perkotaan – 3 sks

Membahas  kota dan perkembangannya, tidak hanya kota besar dunia, tetapi juga perkotaan di Indonesia dari perspektif sosiologi. Menjelaskan relasi timbal balik kota secara fisik dengan manusia dan perubahannya, kebudayaan masyarakat kota dan masa depan kota metropolitan, dan pengaruh urbanisasii kota di dunia ketiga. Kuliah disajikan selain dengan dengan ceramah juga disertai tugas-tuga makalah dan diskusi dan studi lapangan di kota besar dunia.


SOS 402117                Perancangan dan Pengembangan Perkotaan – 3 sks

Mata kuliah ini membahas tentang model-model perancangan dan pengembangan kota, secara terpadu dan kerkeadilan, baik bidang pembangunan fisik, sosial, budaya dan ekonomi. Perancangan terutama yang ramah lingkungan dan ramah bagi lansia, anak-anak dan difabel.


SOS 403117                Urbanisasi dan Morfologi Kota – 3 sks

Membahas factor-faktor urbanisasi, kecenderi=ungan dan implikasi bagi perkembangan (masyarakat) kota. Materi morfologi focus pada sejarah pola dan struktur ruang perkotaan dan perkembangannya. Kota yang dimaksud tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Benua Eropa, Afrika, Asia dan Amerika


SOS 501117                Analisis dan Pengelolaan Konflik – 3 sks

Membahas model-model analisis konflik berdasarkan ranah konflik, menyusun strategi penanganan konflik yang adil. Kuliah ditekankan pada model diskusi kasus-kasus konflik.


SOS 502117                Konflik Global dan Terorisme – 3 sks

Membahas isu-isu konflik dan terorisme global, akar konflik dan teror, pemetaan konflik, dan kecenderungan konflik dan teror, korelasi isu-isu teroror dengan politik ekonomi global.


SOS 503117                Konflik Industrial dan Agraria – 3 sks

Membahas isu-isu konflik industrial dan pertanahan, baik pada masyarakat kota maupun masyarakat desa. Pembahasan konflik bidang ini juga berkorelasi dengan perubahan system ekonomi dan politik, seperti pada era orde baru dan orde reformasi.


SOS 104117                Pendidikan dan ketidakadilan sosial – 2 sks

Mata kuliah ini membahas tentang isu-su kebijakan pendidikan untuk semua (education for all) dan pengaruhnya terhadap proses kebudayaan dan perubahan sosial dalam masyarakat. Membahas implikasi proses pembelajaran terhadap ketidakadilan dalam masyarakat.


SOS 105117                Sosiologi Gender  dan Isu-Isu  Kekerasan – 2 sks

Membahas gender sebagai konsep analisis sosiologi terhadap kehidupan sosial dengan fokus pada sejarah munculnya dan esensi cakupan konsep gender, perkembangan teori-teori sosiologi gender dan aplikasi teori sosiologi gender terhadap analisis kesehatan dan sumber daya alam/lingkungan.


SOS 204117                Isu-Isu HAM dan Demokratisasi – 2 sks

Membahas isu-isu hak asasi manusia dan politisasi HAM, praktik demokrasi di negara maju dan Negara berkembang, relasi antara demokrasi ekonomi dan demokrasi politik, relasi isu-isu  terorisme dan HAM. Paraktik demokrasi dan HAM di Negara Eropa, Asia Pasipik dan Afrika, serta Amerika Latin.


SOS 205117                Isu-Isu Globalisasi dan Kemiskinan – 2 sks

Membahas relasi globalisasi dan kemiskinan di Negara berkembang, peran lembaga-lembaga ekonomi global seperti IMF, World Bank, WTO dan distribusi sumberdaya dunia, serta ketidakadilan global.


SOS 304117                Analisis Dampak Sosial Lingkungan – 2 sks

Membahas dampak social budaya dari proses industrialisasi dan pengelolaan lingkungannya.  Menganalisis dampak social budaya tersebut dengan instrument baku.


SOS 305117                Teologi dan Etika Lingkungan – 2 sks

Membahas teologi lingkungan dari berbagai agama sekaligus memperbandingkannya, kontribusi agama-agama dalam penanaganan lingkungan, membahas etika lingkungan yang dapat menjadi basis kelangsungan kehidupan di bumi.


SOS 404117                Politik Kebijakan Perkotaan – 2 sks

Membahas Politik kebijakan perkotaan selain membahas teori-teori politik porkotaaan juga membahas tentang analisis kebijakan politik pembangunan perkotaan yang ramah lingkungan. Perspektif politik perkotaan  yang digunakan oleh pemerintah kota di berbagai belahan dunia.


SOS 405117                Pengelolaan Ruang Publik – 2 sks

Membahas teori-teori tentang ruang public, kebijakan pengelolaan dan pemanfatan ruang public, implikasi keberadaan ruang public bagi perkembangan masyarakat kota.


SOS 504117                Sosiologi Agama dan Ilmu Pengetahuan – 2 sks

Membahas agama dan ilmu pengetahuan dari dimensi sosiologi, bahwa agama tidak semata-mata dogma dan sistem keyakinan tetapi juga merupakan suatu konstruksi sosial. Demikian pula pengetahuan sebagai konstruksi wacana kekuasaan dalam masyarakat postmodern. Juga menganalisis relasi spirit agama dan perkembangan pengetahuan dengan kemajuan peradaban.


SOS 505117                Konflik Pembangunan – 2 sks

Menagalisis konflik yang terutama disebabkan aktifitas pembangunan, perdebatan idiologi pembangunan dan implikasinya bagi perubahan masyarakat, praktik ketidakadilan dalam pembangunan.

Comments are closed.